Cara Merawat AC

Untuk menghemat energi dan mengurangi pengeluaran biaya rumah tangga, penggunaan alat listrik haruslah dilakukan secara bijak. Selain itu, tarif dasar listrik yang terus naik mengharuskan kita banyak melakukan penghematan, terutama menggunakan alat-alat listrik. Salah satunya penggunaan AC.

Penggunaan AC, merupakan salah satu alat listrik yang membutuhkan daya listrik yang banyak. Oleh karena itu, kita perlu mengurangi penggunaannya, demi menghemat listrik. Sebenarnya untuk menghemat listrik kita tidak harus mengurangi penggunaan AC. Kita bisa mengurangi biaya dengan merawat AC. Tindakan perawatan memang menjadi keharusan, karena alat listrik akan membutuhkan daya listrik yang besar jika ada komponen yang rusak.

Untuk menghindari kerusakan, maka kita harus bisa merawat AC dengan baik. Adapun cara merawat AC yang benar adalah sebagai berikut :

  1. Bersihkan kondensor AC secara berkala, setidaknya sebulan sekali. Kondesor yang kotor dan terlalu bedebu, membuat AC tidak bisa dingin karena susah melepas panas. Bila dibiarkan terus hingga panas, kondesor bisa jebol. Cara membersihkan kondesor cukup mudah. Caranya buka gril AC, kemudian masukkan selang kecil ke dalam celah antara kondensor dan radiator. Selanjutnya semprot kondensor sambil dibersihkan dengan sikat kecil.
  2. Periksalah sambungan pipa AC, jika ditemukan oli pada sambungan tersebut, berarti AC kita mengalami kebocoran. Bila AC telah bocor, kita harus membawanya kepada jasa servis AC.
  3. Jaga selalu kebersihan AC. Hindari terlalu sering menggunakan mode fresh. Jika kita menggunakan mode fresh, AC akan mengambil udara dari luar. Akibatnya blower akan cepat kotor.
  4. Kita juga bisa merawat AC dengan cara selalu memeriksa ketersediaan freon. Melalui kaca pengintai akan terlihat jika AC kelebihan freon, kaca pengintai akan langsung terlihat terang begitu AC dimatikan.
  5. Gunakan AC dengan suhu yang disesuaikan dengan kebutuhan.
  6. Periksalah AC jika terdengar suara yang terlalu keras dan mengganggu. Kemungkinan ada kesalahan dalam penempatan dudukan indoor AC. Bila hal ini terjadi, kita bisa menghubungi jasa servis AC.

Itulah beberapa cara melakukan perawatan AC. Alat listrik yang terawat baik, tidak akan menyedot arus listrik yang besar. Hal ini akan menghemat biaya.

Cara Merawat AC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>