Cermat Untuk Memulai Bisnis

Dalam memulai sebuah bisnis, kita harus memliki pengetahuan yang cukup tentang bisnis yang akan kita jalankan. Jangan pernah melakukan hal apa pun tanpa pengetahuan yang cukup. Kita harus cermat untuk memulai bisnis.

Hal yang perlu kita ketahui adalah pengetahuan tentang produk yang akan kita jual, pangsa pasar yang akan kita arah, di mana produk akan dipasarkan, bagaimana pemasaran produk dan target konsumen. Selain itu kita perlu mengetahui siapakah pesaing bisnis kita, adakah produk penggantinya dan apa saja faktor penghambatnya.

Menjalankan bisnis secara online pun tidak bisa dilakukan oleh semua jenis bisnis. Ada beberapa jenis bisnis yang tidak cocok bila kita jalankan secara online, karena faktor resiko yang terlalu tinggi.

Melakukan kerja sama dalam bisnis juga memerlukan pengetahuan yang banyak. Memulai bisnis dengan melakukan kerja sama dengan orang lain, haruslah berhati-hati. Bagaimana latar belakang orang yang akan kita ajak bekerja sama, apakah orangnya jujur, dapat dipercaya, pandai berbisnis?

Memulai bisnis dengan kerja sama, perlu diperhatian polanya. Apakah kita sebagai penyedia modal, atau pengelola modal sekaligus penyedia modal? Hal ini sangat penting, karena menyangkut penentuan besarnya persentase keuntungan yang akan di terima oleh masing-masing pihak. Atau bila terjadi likuidasi.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik perjanjian kerja sama ditetapkan di awal ketika kita memulai bisnis. Jika perlu, buat perjanjian kerja sama di depan notaris atau badan hukum yang kuat. Hal ini untuk mencegah bila ada perselisihan di masa yang akan datang.

Untuk usaha berskala kecil dapat membuat perjanjian di atas materai dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Sedangkan bisnis dengan skala besar, diperlukan surat ijin usaha yang dibuat di depan notaris.

Dalam membuat laporan keuangan pun kita harus mengetahui seluk beluknya. Hal ini membuat kita mengetahui dengan pasti pendapatan dan pengeluaran yang ada dalam bisnis kita. Pisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.

Dengan mengetahui dengan cermat ketika akan memulai bisnis, kita dapat mempersiapkan hal-hal yang mungkin akan terjadi dan bagaimana kita harus menyikapinya.

Cermat Untuk Memulai Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>