Tips Merawat Perhiasan

Perhiasan merupakan benda yang sering digunakan untuk merias atau mempercantik diri. Ada berbagai macam bentuk dan bahan untuk membuat perhiasan. Ada yang terbuat dari emas, perak, mutiara atau berlian. Agar perhiasan tidak mudah rusak, kita harus bisa merawatnya dengan baik. Merawat perhiasan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, tergantung dari bahannya.

Perhiasan Emas

Untuk merawat perhiasan yang terbuat dari emas, ada tips yang dapat dilakukan yaitu :

  1. Hindari menggunakan atau menempatkan perhiasan emas yang memiliki kadar berbeda, secara berdekatan.
  2. Gunakan kain yang halus untuk menyelimuti ketika menyimpan perhiasan emas. Simpan perhiasan emas dalam wadah tertutup.
  3. Ketika mencuci emas, gunakan air hangat yang dicampurkan dengan sedikit detergen dan amoniak cair. Gunakan campuran tersebut untuk membersihkan emas dengan menggunakan sikat berbulu halus.
  4. Lindungi perhiasan emas dari minyak, debu dan kosmetik.
  5. Ketika melakukan pekerjaan rumah atau berenang di kolam renang, sebaiknya perhiasaan dilepas.

Perhiasan Perak

Selain perhiasan emas, perhiasan yang banyak diminati oleh kaum perempuan adalah perhiasan perak. Apabila tidak di rawat dengan baik, perhiasan perak akan mengalami proses oksidasi yang dapat membuat perak buram dan timbul kerak. Untuk menghindari kerusakan, ketahuilah cara merawat perhiasan perak dengan berbagai tips berikut ini :

  1. Untuk menghilangkan kusam pada perhiasan perak, gunakan pasta gigi atau pembersih khusus perak ketika membersihkannya.
  2. Jika ingin menyimpan perhiasan perak, tempatkan perak ke dalam kotak kedap udara.

Perhiasan Mutiara

Perhiasan yang tidak kalah cantiknya, adalah perhiasan yang terbuat dari mutiara. Perhiasan dari bahan mutiara asli sangat mahal harganya. Karena terbentuk dari kerang laut asli yang jarang ditemukan. Sungguh sayang, jika mutiara yang indah menjadi rusak dan kotor, bukan? Oleh karena itu, simaklah tips untuk merawat perhiasan yang terbuat dari mutiara berikut ini :

  1. Bersihkan mutiara dengan campuran air hangat dan sedikit sabun.
  2. Simpanlah mutiara di dalam kotak atau wadah yang khusus, agar tidak tergores.
  3. Jauhkan mutiara dari bahan-bahan kimia, kosmetik, metal maupun batu-batuan.

Itulah beberapa cara untuk merawat perhiasan yang dapat dilakukan dengan mudah. Dengan rajin merawatnya, maka perhiasan pun akan awet dan tidak mudah rusak.

Tips Merawat Perhiasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>