Tips Merintis Bisnis

Yang membuat Indonesia masih kekurangan entrepreneur adalah banyaknya orang yang takut keluar dari zona nyaman sebagai pegawai kantoran. Wajar saja, jika orang dihadapkan oleh banyak kebutuhan, memulai untuk merintis bisnis merupakan spekulasi yang cukup besar.

Merintis bisnis perlu kiat tersendiri, berikut ini kunci utama memulai bisnis yang dapat diterapkan.

Pertama, jangan takut memulai. Perlu diingat, kita tidak akan pernah tahu bagaimana rasanya menjadi sukses atau mengalami kegagalan jika tidak pernah berani memulai. Untuk memulai segala sesuatu haruslah dengan perencanaan yang matang. Karena rasa takut memulai itu pada dasarnya bersumber dari ketidakpastian dan ketidaktahuan.

Kedua, semangat mengubah keadaan. Beberapa orang enggan merintis bisnis karena khawatir dengan penilaian orang. Padahal, jika diamati banyak pebisnis sukses yang mempunyai komitmen mengubah hidup jauh lebih baik dengan membuang rasa malu atas penilaian orang lain.

Ketiga, amati peluang dan potensi yang ada pada diri kita. Setiap orang memiliki bakat yang berbeda dengan orang lain. Semua yang kita alami dan kita dapatkan tentu memiliki maksud tertentu. Itu semua adalah aset, potensi yang bisa didayagunakan dalam kehidupan.

Keempat, amati sekitar dan tangkap peluang yang ada.  Peluang ada di mana-mana, asalkan kita bisa mengasah kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Bagaimana tipe penduduk sekitar, potensi apa yang ada di sekitar, apa yang bisa kita lakukan untuk sekitar dan lain sebagainya.

Kelima, memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan pengalaman. Memulai bisnis yang sesuai dengan minat kita akan menimbulkan rasa senang ketika menjalaninya. Bisnis yang tahan lama, biasanya dijalankan karena rasa suka dan minat.  Selain itu, bisnis yang dibangun berdasarkan hobi, membuat kita tidak mudah putus asa ketika menghadapi kegagalan.

Dalam merintis bisnis, kita juga harus bisa mengecek, apakah bisnis yang kita rintis sesuai dengan hati nurani, atau ada pilihan bisnis lain yang lebih pas. Tidak  ada salahnya mencoba berbagai jenis bisnis untuk menentukan mana yang lebih pas. Melakukan pengecekkan sangat penting, karena sebuah bisnis yang cocok bagi seseorang belum tentu cocok untuk orang lain.

Tips Merintis Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>